Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas

Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas
Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas

Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas – Pohon Bonsai Amplas merupakan tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam maupun di luar rumah. Seperti halnya tanaman pada umumnya, Bonsai Amplas juga memerlukan perawatan yang baik dan teratur. Untuk merawat tanaman ‘kerdil’ ini berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan. Bonsai harus mendapatkan keseimbangan yang tepat antara penyiraman, paparan sinar matahari, dan pemangkasan sehingga bonsai tetap sehat.

Khususnya pada Bonsai amplas akan tampak semakin menarik saat daun-daunnya sudah mengecil. Tetapi, pada umumnya pohon kayu yang biasanya dibonsai memiliki daun yang besar. Oleh karena itu, para pecinta bonsai kushusnya bonsai amplas. mereka harus mengecilkan daun agar bonsai amplas terlihat makin indah.

Bacaan Lainnya

Tetapi, tidak semua jenis pohon bisa dikecilkan daunnya, seperti pohon siantho dan dewondaru. Tetapi, ada pula pohon yang sudah memiliki daun kecil tetap dikecilkan lagi daunnya. Saat ini sudah berkembang teknik mengecilkan daun, terutama daun pada bonsai amplas dengan cara mengurangi unsur hara untuk pohon bonsai amplas itu.

Pengurangan unsur hara tersebut dilakukan tanpa membuat daun rusak atau bahkan membuat pohon bonsai amplas menjadi mati. Pohon yang bisa dikecilkan daunnya adalah pohon yang tidak mudah mengalami kerontokan daun.

Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas
Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas

Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai

Cara mengecilkan daun pada pohon bonsai amplas juga dilakukan dengan pemangkasan. Cabang atau ranting pohon bonsai amplas yang dipangkas akan menumbuhkan ranting yang baru dan lebih banyak daunnya. Dengan semakin berkurang unsur hara yang diberikan, akan semakin sedikit pula daun menerima unsur hara. Hal tersebut akan menyebabkan daun pohon bonsai amplas yang terbentuk menjadi lebih kecil dari ukuran normal.

Pada daun bonsai amplas pemangkasan harus dilakukan dalam waktu yang sama untuk satu bonsai. Jika cabang atau ranting dipotong, ranting atau cabang bonsai pohon amplas yang dipotong itu tumbuhnya akan lebih lambat dibanding yang tidak dipotong.

Syarat tanaman yang bisa dikecilkan adalah daun yang tampak sehat dan memiliki ranting berlebih. Tanaman yang tidak sehat tidak akan mampu membentuk daun kecil, tanaman tersebut justru akan akan mati.

Untuk tanaman bonsai yang memiliki daun berbentuk jarum seperti pinus, pemangkasan akan menyebabkan ujung daun berwarna cokelat akibat luka pangkas. Keadaan ini membuat bonsai menjadi tidak indah. Untuk itu, jenis pohon yang daun seperti jarum harus dipangkas pada bagian cabang atau ranting yang tidak berdaun, tetapi bagian belakang dari cabang atau ranting itu harus memiliki daun.

Cabang atau ranting yang dipangkas harus sudah benar-benar tua dan warna daun tidak hijau. Pemangkasan dilakukan dua kali per tahun, sedangkan jenis pohon lain bisa dilakukan sewaktu-waktu asalkan cabang atau rantingnya sudah tua.

Air sangat berperan dalam proses mengecilkan daun pohon bonsai amplas. Jika air dikurangi, daun bonsai apmlas akan mengecil. Selain pengurangan air, frekuensi pemberian air juga lebih dikurangi menjadi 2—3 hari sekali. Cara ini tidak bisa dilakukan pada saat musim hujan.

Agar air yang tersimpan dalam media lebih sedikit tapi merata, gunakan media tanam yang kasar. Bonsai amplas yang akan dikecilkan daunnya harus diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari. Jika diletakkan di tempat teduh, malah akan membuat daun tumbuh normal.

Cara Merawat Pohon Bonsai Amplas

Teknik cara mengecilkan daun pada bonsai amplas

Penggantian Pot Bonsai Amplas

Bonsai amplas selalu ditanam dalam pot yang dangkal. Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan akar barunya pot bonsai amplas perlu diganti. Apalagi jika bonsai Anda terus bertumbuh, Anda memerlukan pot yang lebih besar. Pastikan ada lubang pada pot yang dapat mengalirkan air keluar supaya akar bonsai amplas tidak terendam air.

Siram Secara Rutin


Bonsai amplas memang tidak boleh disiriam terlalu banyak, karena hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dan dapat membusukkan pada akar. Tapi bonsai amplas juga harus dijaga agar tidak kekeringan. Jaga kelembabannya agar tanah tidak terlalu basah maupun terlalu kering.

Jemur di Bawah Sinar Matahari


Bonsai amplas tetap perlu dijemur. Namun, intensitas paparan sinar matahari perlu diwaspadai, jika paparannya terlalu banyak, justru akan merusak pohon bonsai amplas, bonsai amplas malah bisa menjadi rusak.

Bonsai amplas harus mendapatkan perlakuan yang tepat antara penyiraman, penjemuran di bawah sinar matahari dan pemangkasan, sehingga bonsai amplas tetap memiliki kualitas yang baik dan sehat. Pemberian sinar matahari dilakukan setelah kurang lebih dua minggu tanaman bonsai amplas tersebut ditanam, pada tahap pertama pemberian sinar matahari cukup 1-3 jam saja kemudian secara bertahap dapat diperpanjang.

Pemangkasan


Agar bonsai amplas selalu tampak cantik, perlu dilakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang kurang baik. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan cabang yang terlalu cepat. Selain cabang, ranting dan daun juga perlu dipangkas untuk membentuk bonsai amplas sesuai dengan keinginan. Anda bisa memangkas bonsai amplas satu bulan sekali, jika pertumbuhan bonsainya tergolong cepat. Namun, jika tanaman bonsai pertumbuhannya lambat, pemangkasan cukup dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

Pemupukan

Pemberian pupuk harus dilakukan dalam dosis yang tepat. Sebaiknya pemupukan dilakukan sebulan sekali menggunakan NPK dan urea, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan pohon bonsainya. Selain pupuk untuk tanamannya, berikan juga pupuk daun sebanyak tiga kali perbulan.

Pembasmian Hama


Hama penyakit yang menyebar dapat merusak bonsai. Untuk itu hama jangan dibiarkan dan harus segera dihilangkan. Hama yang sering menyerang tanaman bonsai adalah ulat dan wereng cokelat. Cara yang paling mudah untuk menghilangkan hama tersebut adalah dengan menyemprotkan insektisida.

Pembersihan akar


Selain mengganti media tanam bonsai, Anda juga perlu melakukan pembersihan akar yang semakin lama semakin tumbuh besar. Pertumbuhan akar yang pesat menandakan bahwa bonsai tergolong pada indikator tanaman sehat. Namun pertumbuhan akar yang berlebihan dan hanya dibiarkan saja justru akan menyiksa tanaman tersebut dan lama kelamaan mati. Untuk itu akar juga perlu dikontrol serta dibersihkan.

Penggantian kawat


Pada proses awal pembuatan bonsai, untuk menciptakan pola tertentu batang tanaman biasanya dililitkan dengan kawat. Ketika pola tersebut berhasil terbentuk, maka lilitan kawat yang sudah terbenam bisa dibuka secara perlahan. Sebab jika dibiarkan saja, bekas-bekas lilitan kawat justru dapat melukai cabang. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika membuka lilitan tersebut. Setelah kawat lama berhasil dibuka, Anda dapat menggunakan kawat yang baru jika dirasa bentuk bonsai belum sempurna.

Peletakan Bonsai Amplas


Penempatan pot bonsai amplas pengaruhnya adalah pada pertumbuhan tanaman juga. Tempatkan pot bonsai amplas di tempat yang mendapat sinar matahari cukup, namun tidak terlalu terik. Terutama pada masa awal perawatan bonsai di mana akar bonsai bisa terkena paparan matahari karena berada pada lapisan tanah yang tipis dalam wadah yang dangkal. Area yang tepat untuk menempatkan bonsai amplas yaitu di teras rumah, atau di atas rak yang memiliki atap transparan semisal plastik putih sehingga tetap mendapatkan sinar matahari.

Semoga artikel yang saya tulis di atas tentang Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas bisa menambah wawasan tentang dunia seni bonsai. Jika masih ada kekurangan tentang Teknik Cara Mengecilkan Daun Pada Bonsai Amplas saya mohon maaf, kalian juga bisa masukkan saran di dalam komentar di bawah ini.

Baca juga artikel terkait di bawah ini :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.