12 Jenis Waru Berdasarkan Ciri-Ciri Daunnya

Assallamuallaikum. wb.wr.

12 Jenis Waru Berdasarkan Ciri-Ciri Daunnya, jenis pohon waru berdasarkan ciri-ciri daunnya banyak populer di Indonesia, jenis pohon waru sebelumnya saya sudah pernah bahas tentang Cara Mudah Membuat Bonsai Waru India Menjadi Cantik, dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membedakan jenis pohon waru dengan melihat jenis daunnya.

Bacaan Lainnya

Cara ini sebenarnya sangat mudah dan gampang untuk dipelajari bahkan untuk pemula hanya dengan melihat perbedaan daunnya, karena masing-masing jenis waru atau keluarga hibiscus ini memilki perbedaan yang cukup jelas dari jenis bentuk daunnya dan pohon waru. O, iya bagi kalian yang belum mengenal jenis waru, waru ini masih satu keluarga dengan kembang sepatu jika dilihat dari genusnya (hibiscus) maka kemungkinan pohon waru bisa di sambung dengan bunga sepatu loh.

Melalui artikel ini saya akan membagikan tips mengenali perbedaan jenis-jenis pohon waru mulai dari waru lokal, waru merah, waru wayang, waru taiwan, waru thailand, waru india, waru jepang, waru brazil, waru varigata, waru tisuk, waru laut, waru landak hanya dengan melihat perbedaan pada daunnya. nah silahkan simak di bawah ini:

Oke, langsung aja ke pokok pembahasan tentang 12 Jenis Waru Berdasarkan Ciri-Ciri Daunnya.

jenis waru
jenis waru

12 Jenis Waru Berdasarkan Ciri-Ciri Daunnya.

sshot 148
12 Jenis Waru Berdasarkan Ciri-Ciri Daunnya

1. Waru Lokal


Pohon waru lokal merupakan tanaman yang banyak ditemukan secara liar di Indonesia. Di habitat alaminya, pohon waru ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter dan pohon waru lokal ini memiliki batang dan cabang yang berwarna cokelat, percabangannya secara alami waru jenis lokal ini tumbuh dengan rimbun. Di percabangan pohon waru lokal tersebut tumbuh daun yang berbentuk seperti jantung dengan diameter sekitar 20 cm.

Pohon waru lokal ini ukuran daunnya yang lumayan besar inilah yang menyebabkan pohon waru lokal kurang disukai di kalangan pembonsai tanaman hias. Hal itu dikarenakan untuk mengecilkan daunnya hingga ukuran dibawah 2 cm memerlukan usaha yang sangat sulit. Sedangkan jika pohon waru lokal daunnya kalau tidak dikecilkan maka bonsai waru lokal yang dibuat memiliki skala bentuk yang berbeda dengan tanaman aslinya di alam liar.

Walau begitu jenis pohon waru lokal banyak juga kalangan yang ingin mencoba mengolah tanaman jenis pohon waru lokal ini sebagai bonsai tanaman hias. Apalagi kalau menemukan ciri bahan dongkelan waru lokal dengan bentuk yang menarik. Dikutip dari Jenis.net dalam artikel “Bonsai Waru Lokal yang Menjadi Juara Kontes“, ada juga cara lain untuk mengakali ciri agar daunnya yang dimiliki pohon ini tidak mengganggu tampilan, yaitu dengan cara memangkas atau pruning daunnya ketika akan dilombakan sehingga hanya tampilan bentuk batang, cabang dan perakarannya saja yang ditonjolkan. Taktik ini juga terbukti sukses, seperti yang dilakukan oleh Robert dari Jogjakarta yang berhasil mendapatkan juara kontes bonsai dengan cara tersebut.

sshot 149
Waru Lokal

2. Pohon Waru Merah


Secara tampilan, jenis pohon waru merah memiliki tampilan yang hampir sama dengan varietas lokal. Sedikit perbedaannya adalah pada varietas ini percabangannya kurang rapat serta memiliki daun yang berwarna kemerahan. Hal itu menjadi masalah tambahan bagi orang yang ingin membuatnya menjadi bonsai. Keunggulan dari waru merah ialah daunnya yang memiliki warna kemerahan sehingga banyak orang yang berpikir jika bisa dibuat bonsai maka akan memiliki tampilan yang menawan.

Hanya saja biasanya para pebonsai profesional sudah mengetahui bahwa jenis waru merah ini susah sekali untuk dibuat bonsai, menjadikan sangat jarang orang yang membonsainya. Jikalaupun ada biasanya dilakukan oleh pemula yang belum mengetahui betapa sulitnya mengecilkan daun tanaman ini serta merimbunkan percabangannya. Saya sendiri belum pernah melihat bonsai waru merah yang memiliki kualitas baik. Mungkin anda pernah?

sshot 150
Waru Merah

3. Waru Wayang


Tanaman jenis pohon waru wayang ini banyak diburu oleh para penghobi bonsai karena masih cukup langka dan memiliki keunggulan corak daun yang unik. Nama ilmiah waru wayang adalah talipariti tiliaceum var. populneus.

Ciri ciri jenis waru wayang berdasarkan fisik ini adalah memiliki warna daun hijau terang biasanya hijau muda sampai hijau pucat dengan garis corak unik di daunnya yang terlihat seperti pola wayang sehingga waru ini disebut sebagai waru wayang, gambar daun waru wayang adalah sebagai berikut :

sshot 151
Waru Wayang

4. Waru Taiwan


Waru Taiwan memiliki bentuk yang menyerupai bentuk hati (love) dengan warna hijau tua dan permukaan daun yang sedikit kasar. Waru Taiwan sangat sulit dibedakan denga Waru India namun kebanyakan daun pohon Waru India lebih kecil daripada daun pohon Waru Taiwan.

Ciri-ciri jenis waru india berdasarkan fisik memiliki daun berwarna hijau, tangkai putih silver, batang putih silver, daun kunig muda.

sshot 152 1
Waru Taiwan

5. Waru Thailand


Jenis Waru thailand tidak jauh beda dengan jenis Waru Taiwan yang sangat sulit untuk dibedakan daunnya berbentuk love dengan warna hijau tua dan permukaan daun yang juga sedikit kasar, tangkainya daunnya berwarna merah kecoklatan dan rantingnya juga berwarna merah batangnya juga berwarna putih silver tapi agak kasar beda dengan Taiwan yang halus.

sshot 153
Waru Thailand

6. Waru India


Seperti yang saya katakan barusan, Waru India ini paling banyak digemari sebagai bonsai karena daun Waru India relatif kecil dan memiliki batang dan perakaran yang cukup unik, sehingga tidak heran banyak orang yang membudidayakan Waru India untuk dijadikan sebagai bonsai, selain Waru India jenis waru lain yang banyak dijadikan sebagai bonsai adalah Waru Jepang.

Ciri-ciri jenis Waru India memiliki daun hijau, tangkai daun hijau, batang dan ranting putih silver.

sshot 154
Waru India

7. Waru Jepang


Waru Jepang memiliki keunikan tersendiri karena bentuk daunnya yang cukup “menyimpang” atau berbeda dari kebanyakan jenis waru, jenis Waru Jepang memiliki bentuk daun membulat serta berbentuk lebar sehingga Waru Jepang ini sepintas terlihat seperti piring atau mangkuk.

sshot 155
Waru Jepang

8. Waru Brazil


Jenis Waru Berazil ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau tua dengan bentuk hati namun memiliki sisi bawah yang lebih runcing dengan bagian pinggir yang menggembung. untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh daun Waru Brazil pada contoh gambar di bawah ini :

sshot 157
Waru Brazil

9. Waru Varigata


Jenis Waru Varigata ini relatif baru, seperti namanya Waru Varigata memiliki warna daun bercorak putih sebagaimana ciri khas tanaman Varigata pada umumnya, banyak kolektor bonsai mencari waru varigata ini untuk dijadikan koleksi tanaman bonsai.

Selain dibonsai Waru Varigata juga banyak diminati sebagai tanaman penghias taman karna keunikan warna daunnya yang bervariasi bercorak hijau putih.

sshot 158
Waru Varigata

10. Waru tisuk atau waru gunung


Jenis Waru Tisuk ini memiliki ciri-ciri daun waru yang membentuk segi di bagian sisi nya sehingga waru ini sangat berbeda dengan Waru Jepang yang memiliki bentuk membulat, Waru Gunung ini memiliki bentuk daun yang cukup mudah untuk dikenali, seperti namanya Waru Gunung banyak tumbuh didataran tinggi, namun sebenarnya waru ini juga bisa tumbuh di dataran rendah dan menengah.

Berikut ini contoh gambar daun waru gunung

sshot 159
Waru Tisuk/Gunung

11. Waru Laut (hibiscus tiliaceus)


Waru Laut (sea hibiscus) merupakan tanaman waru yang paling banyak ditemukan baik itu didataran rendah samapai dataran tinggi, jenis waru ini memiliki nama latin hibiscus tilanecius, tanaman Waru Laut umumnya dapat kita temukan didataran renda, bahkan dataran berpasir dipesisir pantai.

Waru jenis ini memiliki bunga berwarna kuning dengan bagian tengah sedikit coklat kehitaman, ukuran bunganya cukup besar seperti bunga hibiscus pada umumnya.

sshot 160
Waru Laut

12. Waru landak


Jenis Waru Landak, namanya memang unik memang, jenis Waru Landak ini dinamai demikian karena memiliki ciri-ciri daun yang runcing pada bagian ujungnyta sehingga daun waru ini dinamakan Waru Landak. Waru Landak sendiri memiliki tiga ujung bagian runcing pada daunnya sehingga terlihat seperti mahkota atau trisula, sepintas daun Waru Landak ini sering disamakan dengan jenis daun maple.

sshot 161
Waru Landak

Begitulah jenis-jenis waru berdasarkan ciri-ciri daunnya, jenis bonsai waru apa yang kamu miliki sekarang ? kamu bisa membagikan pengalaman kamu tentang bagaimana mengenal jenis-jenis bonsai waru selama bergelut didunia bonsai di kolom komentar agar pembaca lain mengetahui perbedaan dari masing-masing pohon waru diatas terimakasih.

Baca juga artikel terkait di bawah ini

Wassallamuallaikum. wb.wr.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.